Sunday, November 25, 2018

Ciri Ciri Mata Katarak Dan Mengobatinya


Katarak merupakan salah satu jenis penyakit mata, di mana lensa yang jelas menjadi keruh hingga menyebabkan penurunan penglihatan. Katarak juga merupakan salah jenis penyakit mata yang paling banyak menyebabkan penderitanya kehilangan penglihatan.

Namun, tidak hanya menyerang usia senja, penyakit mata katarak ini juga dapat menyerang orang dewasa, anak-anak bahkan bayi sekalipun. Meskipun, memang lebih sedikit yang terjadi. Katarak sering menyerang kedua mata dan dapat berkembang selama bertahun-tahun tanpa dirasakan oleh penderitanya.

Adapun ciri-ciri yang dapat dirasakan atau gejala yang ditimbulkan oleh penyakit mata katarak ini, di antaranya seperti di bawah ini. Meski begitu, terdapat beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terkena katarak.

Kenali Gejala dan Ciri-ciri Katarak
  • Daya lihat saat malam terganggu
Kalau di siang hari, pandangan tampak normal-normal saja, namun menjadi lebih kabur ketika malam tiba, maka bisa jadi ini merupakan salah satu gejala bahwa Anda terkena katarak. Akibatnya, Anda mungkin kesulitan menyetir kendaraan di malam hari.
  • Warna putih di bagian hitam mata
Ciri utama katarak pada mata adalah memutihnya bagian hitam mata, tepatnya pada lensa mata. Lensa mata ini sebenarnya bening atau transparan, namun kalau dari luar hanya terlihat hitam saja. Pada tahap awal memang tidak terlihat nyata, lambat laun terlihat seperti berawan, lalu kemudian putih pekat. Hal inilah yang membuat penderitanya mengalami gangguan penglihatan bahkan sampai kebutaan.
  • Mata jadi sensitif terhadap cahaya
Ketika mata terkena katarak, maka indera penglihatan akan menjadi sensitif terhadap cahaya. Ketika terkena sorotan lampu atau blitz kamera misalnya, maka mata akan terasa sakit, begitu silau dan Andapun berusaha untuk menghindarinya.
  • Melihat lingkar cahaya di mana-mana
Adanya gumpalan ‘awan’ kecil di lensa mata membuat cahaya yang masuk mata jadi menyebar. Inilah yang membuat Anda melihat lingkar cahaya saat menatap lampu atau sumber cahaya lainnya. Dan lingkar cahaya ini pulalah yang seringkali membuat aksi menyetir di malam hari terasa sulit dan berbahaya.
  • Pandangan jadi ganda
Menyebarnya cahaya yang masuk lensa mata juga dapat membuat pandangan Anda jadi ganda. Hasilnya, sebuah obyek jadi terlihat ada 2 atau lebih.  Meski katarak merupakan pemicu utama kondisi ini, namun pandangan ganda (diplopia) juga dapat disebabkan oleh gangguan medis lain seperti tumor otak, pembengkakan kornea, sklerosis ganda, atau stroke.

Baca Juga : 
  • Sering ganti kacamata
Apakah belakangan ini Anda mendapati diri terus-menerus membutuhkan kacamata baru karena yang lama tetap kurang jelas ketika dikenakan? Lagi-lagi mungkin bukan minus atau silinder bertambah yang jadi penyebabnya, melainkan katarak. Bila Anda mengalami gejala katarak yang satu ini, maka segeralah konsultasikan ke dokter. Mata Anda mungkin mengidap katarak atau gangguan lain yang butuh perawatan segera.
  • Semuanya terlihat serba kuning
Begitu katarak semakin parah, maka gumpalan protein yang menutupi lensa mungkin akan berubah warna menjadi kuning atau kecoklatan. Akibatnya, semua cahaya yang melalui bagian ini akan memberikan hasil kuning juga. Bila ini sampai terjadi, maka obyek sekeliling Anda akan tampak kuning semua.
  • Susah membedakan warna
Karena semua tampak putih ataupun kuning, maka Anda jadi kesulitan untuk mengenali warna sebuah obyek.
  • Yang bersih jadi tampak kotor
Buramnya pandangan juga dapat membuat gelas bersih yang Anda lihat seperti kotor atau bernoda. Padahal yang bermasalah bukan gelasnya, namun kualitas daya lihat mata.
  • Kesulitan memperkirakan kedalaman atau ketinggian suatu obyek
Salah satu dari ciri-ciri katarak selanjutnya adalah kesulitan dalam menilai kedalaman dan ketinggian objek. Saat melihat kolam renang atau bathtub, Anda merasa kesulitan untuk mengira-ngira seberapa dalam itu. Bahkan ketika ingin menjejakkan kaki ke anak tangga di depan mata, Anda juga sulit mengira-ngira tinggi anak tangga tersebut.
  • Butuh cahaya lebih terang saat beraktivitas
Ketika melakukan aktivitas seperti membaca, menjahit, menulis, atau membuat kerajinan, mata katarak selalu membutuhkan cahaya lebih terang atau posisi lampu yang dekat letaknya.

Segera melakukan konsultasi ke dokter sebelum mata katarak anda menjadi parah atau dengan mealkukan pengobatan herbal dengan walatra sehat mata yang Sudah terbukti khasiatnya.

0 comments:

Post a Comment