Wednesday, November 21, 2018

Manfaat Dari Batrawali

Brotowali merupakan sejenis tanaman obat tradisional yang biasa tumbuh di pekarangan maupun di dalam hutan. Tanaman ini tergolong jenis tanaman liar yang bisa ditemui diseluruh daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa, Bali, dan juga Ambon. Tanaman merambat ini biasanya dipergunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu tradisional, karena kandungan bahan-bahan kimia di dalamnya dipercaya mampu memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Bahan kimia

Di dalam brotowali terdapat bahan-bahan kimia yang diperlukan tubuh seperti Alkaloid berberin dan columbina, yang dipercaya mampu membunuh bakteri pada luka. Zat pikroretin merupakan zat yang memberikan rasa pahit pada brotowali yang dapat merangsang kerja urat saraf dan menjadikan sistem pernafasan dapat bekerja dengan baik, bersamaan dengan zat Palmatin, Glikosida, Harsa, Kolulin, dan zat pati.


Beberapa sifat yang dimiliki brotowali, yaitu:


  1. Anti-alergi, untuk mencegah dan menurunkan reaksi alergi.
  2. Analgesik, untuk menghilangkan rasa sakit.
  3. Antipiretik, untuk menurunkan panas / demam.
  4. Antioksidan, untuk mencegah serangan radikal bebas pemicu penuaan dini dan kenker.
  5. Antineoplastik, untuk mencegah kanker dan tumor.
  6. Antidiabetik, untuk mengontrol gula darah.
  7. Antiporotik, untuk menjaga kepadatan tulang.
  8. Imunologi, untuk menstimulasi sistem kekebalan tubuh.
Manfaat Brotowali untuk kesehatan dan Pengobatan
  • Mencerahkan kulit wajah

Untuk mencerahkan kulit wajah, Anda bisa memanfaatkan ramuan herbal yang murah, berupa rebusan batang brotowali yang nantinya digunakan untuk membersihkan wajah. Manfaat dari menggunakan ramuan ini untuk menghilangkan noda-noda yang menempel pada wajah, dan membuat wajah menjadi cerah.

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan wajah, maka sebelum menyentuh wajah maka Anad harus mencuci tangan hingga air bersih, agar terbebas dari virus, bakteri dan kuman.
  • Untuk mengatasi turunnya nafsu makan

Terkadang rasa malas untuk makan muncul, ada berbagai hal yang membuat seseorang tidak memiliki nafsu makan, seperti karena sedang banyak pikiran, stres, depresi, masalah pada kondisi fisik, suasana hati yang sedang tidak enak, dll. Apabila Anda tidak makan tentunya akan membuat badan lemas dan kekurangan nutrisi penting. Yang juga beresiko memicu penyakit berbahaya.

Manfaatkan ramuan tradisional brotowali ini. Caranya dengan meminum air rebusan daun brotowali. Jika terasa pahit air rebusannya, Anda bisa menambahkan madu guna mengatasi rasa pahit yang tidak enak. Menambahkan madu juga memberikan tambahan nutrisi penting bagi tubuh.
  • Mengobati diabetes

Penyakit diabetes akan menjadi sangat berbahaya jika diabaikan, harus mendapatkan penanganan segera sebelum penyakit diabetes menjadi kronis. Penyakit yang dikenal dengan sebutan ‘kencing manis’ ini terjadi akibat adanya kondisi abnormal pada metabolik tubuh.
  • Memberi efek menenangkan pada tubuh

Pada studi yang dilakukan ilmuwan. Dimana studi dilakukan dengan menggunakan obyek seekor tikus yang diberikan ekstrak brotowali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ramuan ekstrak brotowali bermanfaat untuk memberikan rasa tenang dan rileks pada tikus pecobaan tersebut.
  • Menyembuhkan sakit kuning (hepatitis)

Penyebab timbulnya penyakit kuning karena terjadi penumpukan zat berwarna kuning (yang disebut bilirubin) di dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin adalah zat sisa berasal dari kondisi sel darah merah yang terurai. Sebelum dibuang dari dalam tubuh, zat bilirubin ini akan dikirim lewat hati melalui aliran darah.
  • Mempercepat untuk menyembuhkan luka

Kandungan alkaloid barberin dan columbina yang terdapat di dalam brotowali memberikan manfaat bagi orang yang mengalami luka. Kandungan tersebut mampu untuk melawan serangan bakteri akibat luka. Untuk membuat ramuannya dalam menyembuhkan luka, maka pertama-tama tumbuk beberapa lembar daun brotowali, kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami luka.
  • Menyembuhkan penyakit kulit
Kudis merupakan salah satu jenis dari penyakit kulit yang disebabkan serangan tungau dan kutu kecil yang bernama Sarcoptes scabiei. Rasa gatalnya akan lebih terasa saat malam hari. Dimana penyakit kudis ini selain memberikan rasa tidak nyaman pada tubuh, juga akan merusak penampilan sehingga menjadi tidak percaya diri.

Untuk menyembuhkan kulit menggunakan brotowali, berikut langkah-langkahnya di bawah ini :
  1. Pertama - tama tumbuk beberapa lembar daun brotowali.
  2. Lalu masukan belerang dan minyak kelapa ke dalam wadah tumbukan.
  3. Setelah selesai membuat ramuan, maka oleskan pada bagian tubuh yang terjangkiti penyakit kusta.
  4. Anda perlu melakukannya secara rutin, jangan sampai hanya sesekali saja melakukan.
Baca Juga : 

0 comments:

Post a Comment